Konsep Diri

Rabu, 14 November 2012

Konsep Diri





Konsep diri adalah suatu gambaran campuran dari apa yang kita pikirkan, bagaimana pendapat orang lain mengenai diri kita dan seperti apa yang kita inginkan, konsep diri adalah pandangan individu mengenai siapa individu tersebut bisa diperoleh lewat informasi yang diberikan orang lain.


Penilaian terhadap diri sendiri memang gak pernah cukup, terkadang penilaian dari oranglain, baik atau buruknya membuat kita bisa ngaca lagi, setiap kita punya cermin masing-masing, bagaimana kita memandang diri kita sebagai personal. Memang terkadang perlu mendapatkan validasi dari orang lain, itu artinya kamu berhasil menunjukkan kamu siapa, tentunya dengan syarat validasi yang diberikan memang sesuai dengan nilai (value) kamu sebenarnya.  Artinya seperti ini, pernah gak memandang diri sendiri dari sudut pandang orang lain? memang benar kita adalah apa yang kita lihat dengan mata kepala kita sendiri, tapi tetap gak lupa pandangan orang lain juga PENTING pengaruhnya terhadap pandangan  kita. Sorry to say, kita gak bisa lihat pantat, punggung, tengkuk, bahkan ubun-ubun yang ada di dekat mata kita, ya gak? Nah, itulah gunanya mensosialisai diri kita dengan orang lain, dengan cara berinteraksi, saling berbagi, mengingatkan, hardik, tegur, dll. Mending masih ada yang mengingatkan, daripada mereka hanya memandang tapi tak berbicara dan hanya tersenyum iblis #eh. mungkin inilah fungsi kepedulian dengan sesama, respon dan respect. meskipun kadang atau bahkan sering pandangan mereka berbeda dengan persepsimu, paling gak perbedaan pandangan tersebut bisa buat kamu review balik persepsimu, untuk ya ng lebih baik.
Lupa namanya ceritanya, jaman dulu kisah romawi. alkisah hiduplah seseorang pemuda oh iya baru aja browsing tadi namanya itu Narcissus, pemuda yang sangat rupawan, yang setiap harinya hanya memandang dirinya dari sudut pandang diri sendiri, karena memang pada saat itu dia memang jauh dari keramaian, dan hanya tinggal seorang diri. Setiap saat waktunya terlalu sibuk dihabiskan (hanya) memandang dirinya sendiri dari pantulan air sungai, (secara dulu belum ada cermin). Malangnya, saking terlalu asik memandangi diri sendiri dengan cerminannya yg terlihat dipantulan air sungai, ingin dirinya mencium diri sendiri. Kasian, keinginannya yang kuat mencium bayangannya sendiri membuat dirinya kehilangan "keseimbangan", jatuh hanyut dan hilang. So, intinya adalah belajarlah berenang... Eh bukan... *just kidding :D




Ya setiap orang punya kesimpulan, dan cerminan masing-masing terhadap dirinya. Tapi nilai itu akan bertambah jika seseorang ada yang mengingatkan. tetap berpikir positif terhadap pandangan orang lain terhadap diri kita,  tetap berpikir positif karena hal itu yang akhirnya akan mampu mengubah konsep diri kearah positif. 

About me? Whatever i do, whatever i say, people will always find something to say, and it would be greatly appreciated :], When someone saying bad about me, it make me more awesome. coz it make me improve a lot  - Charmerciello

0 komentar :