Kesalahan Itu Ibarat Cucian

Jumat, 09 Agustus 2013

Kesalahan Itu Ibarat Cucian


Sebelumnya dari hati yang paling dalam-sedalam-dalamnya aku ucapkan maaf, jika ada kesalahan-kesalahan saya, baik kepada kamu, kamu, kamu, kamu dan kamu, termasuk juga mantan-mantan eh, atau orang-orang yang pernah merasa kalau saya udah pernah bersalah kepadanya walaupun sebenarnya saya gak ada salah sama sekali. :p. Nah buat kamu yang ngerasa udah pernah buat salah kepada saya, dengan tulusnya lebih dari setulus-tulusnya gebetan kamu yang udah kamu tolak dan anggap teman doank... aku maafin kamu deh....hohoho

Sekali lagi saya ucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri yang ntah keberapa tahun Hijriah... soalnya gak ngikutin perkembangannya, tapi saya tetap merasakan semaraknya Hari besar yang luar biasa bagi yang merayakannnya. karena saya juga merasakan semarak yang sama luarbiasanya di hari besar yang saya anut, jadi terbiasalah.

Seperti biasa tiap tahun ketika Lebaran datang, akan ada broadcast Blackberry, pesan, sms, email, dsb yang masuk ke inbox jadi penuh.. penuh dengan kata-kata maaf, walaupun sebenarnya tiada maaf bagimu, ehh maksud saya kamu tidak perlu minta maaf karena kamu gak pernah salah sama saya, dan jikapun ada saya udah maafin dari dulu-dulu kala.

"Maafkan aku." adalah dua kata sederhana namun kadang sulit untuk mengatakannya. Tapi akan lebih mudah mengucapkannya untuk hal-hal yang sederhana misalnya ketika kita menyenggol seseorang yang lagi jalan saat kita terburu-buru, bahkan ketika kita berusaha untuk menegur seseorang.

Ngomong-ngomong tentang maaf, tentunya sebelumnya pasti karena ada kesalahan yang udah kita buat ke oranglain, baik sengaja ataupun tidak sengaja, secara sadar maupun tidak sadar, terkadang kita hanya mengabaikannya dan gengsi untuk minta maaf, akhirnya numpuk-numpuk-numpuk dan numpuk udah kayak cucian, jadi akhirnya semakin berat untuk meminta maaf, sehingga yang tingga hanya rasa penyesalan yang menggerogoti hati kita jadi ga baik,,ehh hati kita,,, hohoho...

Kesalahan itu kayak cucian, kalo gak dicuci, makin numpuk jadi semakin males nyucinya, sama seperti masalah dan kesalahan juga, semakin lama dan semakin numpuk semakin berat untuk nyelesain, nanggung cuma untuk nyuci 1-2 potong baju, akhirnya cucian ditumpuk terus sampai menggunung gunung Himalaya, sampe mau mati nyucinya, (cerita ini sesuai dengan realita anak kost.) Masalah itu seperti rendaman cucian, semakin lama direndam semakin membangkee lahh itu. bauk!!.. sampe kita sendiri aja mau muntah nyiumnya, udah taukan baunya gimana?? ah sudahah.. Buat menghilangkan bau baju yang udah terendam lama, tentu butuh tenaga dan waktu ekstra untuk membersihkannya. Sama juga kayak masalah dan mintamaaf yang ditunda berlarut-larut.

Beberapa masalah itu kayak tumpukan kain kotor, masing-masing ada cara dan solusi untuk membersihkan, jangan campurkan yang berwarna dan putih polos. Cucian kamu itu masalahmu, jangan campur cucian kamu sama cucian orang lain, bayangin sendiri deh gimana Kalau kolor yang tertukar. mau? Jangan banyak berharap juga agar cucian kamu dicuciin oranglain, karena setiap orang punya cuciannya dan masalah yang harus mereka selesain juga.

Cucian yang udah direndam kelamaan, pasti akan meninggalkan bau. itu mungkin tak terpikirkan sebelumnya, terima aja dan nikmati konsekuensinya. Nah, kalo rendaman udah jadi bauk bangke, mau gak mau harus dibuang, toh daripada nyusahin baunya ya mending yang beli baju baru, yah kalo udah kotor langsung dicucilah . Cucian (masalah) akan datang silih berganti, ntah dicuci lama, dicuci sering direndam lama, biarlah pakaian yg kamu pakai yang berbicara .



Meminta maaflah duluan karena itu gak buat diri kita jadi rendah dan dia menjadi lebih tinggi, ntah dimaafin atau engga itu urusan belakangan, ya TAPI kalau udah minta maaf ya jangan minta-minta maaf lagi apalagi sampe ngemis minta maaf!! itu sama aja ngerendahin diri, pertegas kalau kamu memang salah dan menceritakan hal yang sebenarnya.

Entah orang itu mau nerima permintaan maaf kamu atau enggak. ya kalo mereka melakukannya, maka tidak ada lagi masalah, tidak ada lagi pihak yang merasa direndahkan atau merendahkan diri. Jika dia nggak terima, maka artinya orang tersebut gak mau percaya lagi, yasudah dan mungkin masih ada masalah lain yang perlu diperbaiki dan tidak perlu diperbaiki sama sekali  alias udah rusak pake parah banget. nevermind.

Sekali cukup untuk buktikan rasa minta maaf dengan tindakan walaupun sebenarnya beberapa orang tidak begitu peduli juga sih, tapi tetap lakukan jika itu membuat diri kita jauh lebih baik, sebaiknya akan sedikit respect atau bahkan tidak ada respect sama sekali jika permintaan maaf yang kita lakukan tidak sesuai dengan tindakan itu, dan parahnya itu malah makin ngerendahin diri kamu dimata mereka, so think again guys.
.
Yang paling terakhir nih, setelah meminta maaf, berhenti memikirkannya, karena hidup akan terus berjalan, kayak kamu udah baca blog ini gak terasa udah berlalu 10 menitan lho. yah caranya cukup dengan memulai bertindak dengan cara yang menunjukkan kalo kamu udah tulus meminta maaf, karena apa yang kamu lakukan bukan sekedar untuk mereka, tapi sebenarnya kamu telah melakukan yang terbaik untuk dirimu sendiri.

I hope this article is making sense, but you truly need to know what to do here. Yes that's right Yap!! silahkan mencuci. X)

Saya terima maaf kamu, maafkanlah aku,
yang memaafkanmu..


@AndikSiboro

0 komentar :