Apakah kamu terlalu menggeneralisir

Kamis, 06 Desember 2012

Apakah kamu terlalu menggeneralisir



Tidak semua orang  suka digeneralisasi, termasuk aku juga,  itu seperti kamu gak bisa ngejudge aku, karena kamu belum sepenuhnya tau dan mengenal siapa aku sebenarnya, dan aku yakin beberapa orang, termasuk kamu juga mempunyai pikiran yang sama.
Penggeneralisiran suatu masalah, sebaiknya diperhatikan kembali deh, tidak mudah membuat pandanganmu menjadi pandangan umum yang dapat diterima banyak orang. 


Tanpa disadari kadang kita mengucapkan kata-kata menjurus ke generalisasi, biasanya selalu diikuti kata-kata ini:
…Seharusnya, Semuanya, Selalu, Sering, setiap orang, segalanya, tidak pernah, setiap hari, harus, semua, past, gak boleh, melarang….  Kecuali memang hal itu benar mutlak, sebuah kepastian yang benar faktual.
Untuk menghindarinya sebaiknya, gunakan kata-kata ini
Kalau bisa, gak semuanya, walau, terkadang, gak semua orang, beberapa orang, belum tentu,apabila, gak semuanya, belum tentu, ada baiknya, mungkin, gak selamanya, tidak selalu.
Dalam artian begini, dalam menyampaikan suatu hal kita perlu juga memperhatikan ke relatifan suatu masalah. 
Anyway, tidak sedikit orang yang terlalu cepat menggeneralisasikan suatu masalah berdasarkan pandangannya sendiri dan mengambil kesimpulan sepihak, tanpa melihat fenomena lain yang dilakukan oleh individu, berdasarkan pengalamnya saja, dan dijadikan sebagai sebagai gambaran umum. Ribet ya bahasanya?? Hehehee..

Generalisasi adalah proses penalaran yang bertolak dari fenomena individual menuju kesimpulan umum, - Wikipedia

Nah itu tentang penulisan, berlaku juga dalam hal pemikiran, Terlalu cepat menggeneralisasikan suatu hal menjadi pandangan umum, padahal yang digeneralisasi belum sepenuhnya mewakili banyaknya fenomena lain. Masih ribet juga untuk mengartikannya?? Oke aku beri contoh deh, misalnya si Joko itu orangnya ganteng, dia mengkhianatimu, Arya cowo yang tampan dia memutuskanmu tanpa sebab, Dodi keren, menghilang tak jelas. Rambo cakep tapi tukang selingkuh. Nah karena kamu mengalami beberapa fenomena tadi,pasti ada aja orang yang menggeneralisikani kalau orang yg rupawan itu adalah tipe orang yang gak setia. Belum tentukan?? Makanya janganlah terlalu cepat menggeneralisir, gak semua cowo kaya gitu toh. Contoh lain misalnya Rini gadis cantik punya banyak teman dan dia selalu tersenyum, ada juga sebut aja namanya bunga, cakep dia semangat untuk aktifitasnya setiap hari. Nah jangan cepat beranggapan dan menggeneralisasi kalau cewe cakep itu selalu bahagia, faktanya  gak semua cewe cakep itu hidupnya bahagia, ternyata banyak  juga yang kesepian malah :)

Otak yang cerdas ditambah pikiran yang terbuka, menghasilkan sebuah pribadi yang luar biasa. - @HonjiMilagro


Terlalu cepat menggeneralisasi suatu hal, malah membuat pikiranmu jadi tertutup, hanya terfokus pada satu titik, tanpa memperhatikan hal-hal lain yang juga punya pengaruh, apalagi generalisasi yang kamu buat gak tepat, bahkan salah, kalau didalam pelajaran bahasa Indonesia, generalisasi yang kamu lakukan itu gak sempurna. Kalau masih bingung coba deh buka link Ini bacaan yang cocok buat kamu lebih paham apa artinya generalisasi» po.st/DxRWQy.

Ada cewe yang meggeneralisasi semua laki-laki sama aja, bajingan, kamu gak tau banyak pria bosan dibilang gini terus-menerus. Bukan cewe aja, ada juga cowo yang menggeneralisikan, kalau semua cewe itu adalah matre, gak juga kan?? Ya Cuma mau ngingatin aja hati-hati dalam menggeneralisi suatu hal, kamu bisa dikatakan berpikiran sempit, dangkal, paling parahya dibilang bego. Terlalu cepat ngambil kesimpulan tentang pandangan umum.

salah satu contohnya, sama halnya teroris, kebanyakan yg melakukan itu adalah kelompok  dari agama X, tentunya gak seenak jidatmu bilang kalo semua kelompok dari agama X itu teroriskan? sama sepertinya amerika yang terlalu arogan untuk ngurusin masalah dunia, nah, apa hak kamu untuk menghina bangsanya? Membakar benderanya, selain itu gak berefek sama mereka, apa bedanya sama orang moron?? LOL, oke forgot it, aku tahu, kamu bukan salah satu dari mereka.

Kalau gaksaalh ye GENERALISASI itu pernah dipelajari waktu SMA, coba dingat-ingat lagi deh, kemudian aplikasikan itu ke pola berpikir.  Selamat berusaha menjadi manusia yang berpandangan dan berpikir luas.

 Charmerciello

0 komentar :